Minggu, 24 April 2011

Reklamasi dan Penghijauan Kembali

PTFI mempunyai komitmen untuk melakukan reklamasi maupun penghijauan kembali (revegetasi) lahan terganggu ketika tidak lagi digunakan untuk kegiatan pertambangan. Kami telah melakukan penelitian ilmiah dan program reklamasi bertahun-tahun di kawasan dataran tinggi maupun dataran rendah di dalam wilayah proyek untuk menghasilkan data handal terkait beberapa opsi reklamasi lahan.
Dataran Tinggi
Ekosistem dataran tinggi dibentuk oleh kondisi-kondisi ekstrim lingkungan termasuk suhu malam hari yang sangat rendah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi pada siang hari disertai masa fotosintesa pendek, kabut tebal, curah hujan tinggi, dan tanah yang miskin nutrisi. Tanaman yang tumbuh di daerah tersebut sifatnya sangat khusus karena harus bertahan untuk hidup pada kondisi sulit tersebut. Sejumlah besar spesies tersebut termasuk rumput-rumputan asli dan beberapa spesies rhododendron dan lumut ditemukan cocok untuk reklamasi lahan timbunan overburden.
Kami memantau kinerja dari berbagai tehnik penanaman dan memodifikasi program untuk meningkatkan keberhasilan jangka panjang. Selama 2008, lebih dari 50 hektar lahan terganggu pada kawasan tambang di dataran tinggi telah dihijaukan kembali sebagai bagian dari program reklamasi jangka panjang.

Dataran Rendah
Kajian kami terhadap reklamasi sirsat dan pembuatan lahan percontohan di atas endapan sirsat membuktikan bahwa sirsat tidak beracun bagi tanaman hutan asli dan tanaman pertanian. Kajian-kajian tersebut juga menghasilkan data penting tentang rentang jumlah spesies tanaman yang dapat tumbuh subur di atas media sirsat.
Daerah sirsat cocok untuk ditanami berbagai tanaman pertanian apabila sirsat ditingkatkan dengan karbon organik. Tujuan program reklamasi dan penghijauan kembali PTFI di daerah dataran rendah adalah untuk memperagakan cara-cara berkelanjutan guna mengalihfungsikan endapan sirsat menjadi lahan bermanfaat yang produktif, atau mengembalikannya manjadi lahan yang ditumbuhi tanaman asli, ketika kegiatan pertambangan telah usai.
Hingga akhir 2008 lebih dari 160 spesies tanaman berhasil tumbuh di atas tanah yang mengandung sirsat. Hal ini termasuk tanaman penutup jenis kacang-kacangan (legume) untuk pakan ternak; jenis pohon asli seperti casuarina, matoa, kayu putih (eucalyptus) dan kelapa; tanaman pertanian seperti nanas, melon, tebu, sagu dan pisang; serta sayur-mayur dan tanaman biji-bijian seperti cabai, ketimun, tomat, padi, jagung, kacang dan labu. Strategi reklamasi sirsat lain adalah membiarkan terjadinya suksesi ekologi alami (pertumbuhan spesies asli secara alami) pada kawasan yang telah ditentukan. Sebuah proyek penelitian independen tentang suksesi alami tanaman di atas daerah pengendapan menemukan bahwa dalam kurun waktu hanya beberapa tahun, lebih dari 500 spesies tanaman berhasil melakukan kolonisasi dan tumbuh dengan baik.
Pada Juli 2008 Menteri Lingkungan Hidup menerbitkan Surat Keputusan (SK) khusus tentang pengelolaan pengendapan sirsat didalam wilayah proyek PTFI. SK tersebut memberi batasan jumlah sirsat dan sedimen alami yang boleh lolos melalui daerah sirsat kedalam estuaria atau lautan. PTFI tengah menanggulangi permasalahan tersebut sejak sepuluh tahun terakhir melalui berbagai program teknik dan biologi.
Lahan baru yang terbentuk di dalam estuaria dari sirsat dan sedimen alami yang lolos telah mengalami kolonisasi bakau tanpa bantuan. Selama beberapa tahun terakhir, puluhan spesies bakau, kepiting, udang, siput, kerang, ikan dan cacing laut telah diidentifikasi pada lahan-lahan yang baru terbentuk tersebut. Guna mempercepat proses suksesi primer pada lahan yang baru terbentuk tersebut, PTFI menanam ratusan pohon bakau di kawasan tersebut seraya mempekerjakan warga Kamoro yang merupakan masyarakat tradisional daerah dataran rendah. Pemantauan terhadap proyek tersebut menunjukkan bahwa laju pertumbuhan dan kehidupan bibit yang ditanam tersebut menyerupai laju yang dilaporkan untuk program kolonisasi di seluruh dunia sebagaimana dijelaskan dalam berbagai karya ilmiah.


0 komentar:

Posting Komentar